Kamis, 26 Maret 2009

Materi TIK Kelas X



POKOK BAHASAN SEMESTER I
1. Materi Pengenalan Komputer

Komputer merupakan salah satu sarana teknologi yang menunjang kebutuhan kerja sumber daya manusia. Selain itu komputer merupakan kumpulan dari informasi data yang telah dan akan dibuat oleh SDM dengan format susunan yang baik menurut teknologi. Komputer berasal dari kata 'To Compute' atau Computare yang secara harfiah berarti "Mesin Hitung". Komputer pertama kali dibuat oleh Pascal dengan alat yang bernama " Pascal Aritmethic Machine ", alat ini terbentuk dari sebuah alat yang bernama ABACUS/ Sempoa ( alat hitung China ).

Informasi untuk rekan-rekan setia blog ini. Berikut saya sajikan sinopsis tentang buku TIK untuk SMA - KTSP yang ditulis oleh Rudi Hidayat dan diterbitkan penerbit Erlangga.
Buku Kelas X.Materi buku disusun dengan indikator lebih lengkap, sehingga guru dan siswa dapat memperluas wawasannya dalam bidang TI. Buku ini juga disusun berdasarkan Standar Isi dan SKL. Materi yang disajikan dibagi menjadi 6 Bab yaitu.

Bab I Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi, yang berisi tentang Mengaktifkan dan mamatikan komputer sesuai prosedur, perangkat lunak dalam sistem informasi, dan penggunaan perangkat lunak aplikasi dalam sistem operasi. Selain itu jabaran indikator di representasikan oleh Macam Port Sistem Unit, Peralatan pendukung komputer, Prosedur Menghidupkan dan mematikankomputer, Sejarah Perkembangan Perangkat lunak, Macam-macam perangkat lunak, Perangkat lunak untuk keamanan komputer, Melihat informasi tentang sistem komputer, Menggunakan Perhitungan (kalkultor), Menggunakan WordPad untuk membuat surat sederhana, Menggunakan Paint, dan memutar film dan lagu.
Bab 2 Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan TIK, yang berisi tentang Fungsi komputer dan Peralatan TIK, Pengantar TIK, dan Perangkat Keras Komputer. Jabaran indikator adalah Fungsi peralatan TIK, Proses Kerja Komputer, Elemen Sistem Komputer, Data, Informasi dan Siklus Informasi, Pengertian TIK, Sejarah perkembangan komputer, Diagram komputer secara umum, Perangkat Keras dan Fungsinya, Perbedaan media Penyiman Data Magnetik, Optik, dan Elektronik.
Bab 3 Jaringan Telekomunikasi dalam TIK, yang berisi tentang Fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi (Wireline, Wireless, Modem dan Satelit), Jaringan Komputer LAN untuk keperluan Informasi dan Komunikasi, dan Fungsi dan Cara kerja perangkat lunak Aplikasi TIK. Jabaran indikator adalah jaringan kabel, jaringan nirkabel, jaringan modem, Jaringan Satelit, Jaringan Komputer, Topologi Jaringan, Teknik pengiriman sinyal, Metode Transmisi, prinsip komunikasi, Antar muka komputer dengan Saluran Komunikasi, Memilih IP Address, Setting Jaringan Lokal, File dan Sharing Folder, Komunikasi Data Antar Komputer dengan NetMeeting, Komunikasi Antarkomputer melalui Command Shell.
Bab 4 Ketentuan dan Aturan dalam Menggunakan TIK, yang berisi tentang Etika dan Moral menggunakan TIK, K3, dan HaKI. jabaran indikator adalah Etika dan moral dalam penggunakan TIK, Penghargaaan thd kreativitas orang lain, upaya menghidari ilegal copy, Upaya menghindarai pengubahan suatu program, Menggunakan komputer dengan posisi yang benar, Penggunaan komputer sesuai prosedur, Pengertiah HaKI, Sejarah HaKI, UU Hak cipta, masa berlaku hak cipta, Ketentuan pelanggaran hak cipta, dan fungsi hakcipta.
Bab 5 Sistem Operasi dan Manajemen File, yang berisi tentang fungsi sistem operasi, macam-macam sistem operasi, basis sistem operasi, Manajemen file dan Setting Periferal.
Bab 6 Aplikasi Pengolah Kata.
Pada setiap pokok bahasan disajikan tugas, uji kompetensi, dan praktik. Pada setiap akhir bab disajikan soal evaluasi.





0 Comments:

Post a Comment



Template Design by SkinCorner